10 alasan untuk tak minum soft drink

Beberapa waktu yg lalu ketika membuka e-mail… terdapat kiriman dari seorang teman tepatnya kolega kerja sewaktu di Banda Aceh dulu… Teman ini  mengirim pesan  tentang “10 Alasan untuk Tak Minum Soft Drink”. Botol_

Tapi mohon maaf sebelumnya ini bukan black campaignnya thd soft drink, tapi simaklah lebih mendalam ada benarnya juga..!! .
 

Tahukah Anda ….????

  1. Soft drinks menguras air dalam tubuh kita. Seperti halnya diuretik yang bukannya memberikan air untuk tubuh kita, tapi malah menghabiskannya. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam soft drinks memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita.Untuk mengganti air ini, anda harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas yang anda minum !
  2. Soft drinks tidak pernah menghilangkan rasa haus anda, karena soft drinks bukanlah air yang diperlukan tubuh anda. Dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus menerus akan menyebabkan dehidrasi Seluler Kronis, sebuah kondisi yang melemahkan tubuh pada tingkat sel. Pada gilirannya akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan dan menimbulkan berbagai penyakit.
  3. Tingkat kandungan fosfat yang tinggi dalam soft drinks dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Soft drinks terbuat dari air murni yang juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan Penyakit Jantung (kekurangan magnesium), Osteoporosis (kekurangan kalsium) dan banyak lagi. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral.
  4. Soft drinks dapat membersihkan karat pada bumper mobil atau benda logam lainnya. Bayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya.
  5. Jumlah gula yang tinggi dalam soft drinks menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan “benturan gula”. Kelebihan dan kekurangan gula dan insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidak seimbangan dalam tubuh. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup.
  6. Soft drinks sangat mempengaruhi pencernaan. Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya tubuh tidak menyerap gizi sama sekali dari makanan yang baru dimakan, bahkan yang sudah dimakan beberapa jam sebelumnya. Bila dimakan bersamaan dengan kentang goreng akan memakan waktu berminggu-minggu untuk dicerna. Jadi tidak ada yang lebih buruk dari pada soft drinks yang bisa kita simpan di dalam tubuh.
  7. Soft drinks diet mengandung aspartame, yang dihubungkan dengan depresi, insomnia, penyakit saraf dan banyak penyakit lainnya. FDA telah menerima lebih dari 10.000 keluhan konsumen terhadap aspartame, 80% diantaranya mengeluhkan zat aditif pada makanan.
  8. Soft drinks bersifat sangat asam, sehingga dapat menembus garis sambung pada kaleng aluminium dan dapat melumerkan kaleng tersebut bila disimpan terlalu lama. Pasien penderita alzheimer yang telah diotopsi semuanya memiliki kadar aluminium yang sangat tinggi dalam otaknya. Logam berat dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penyakit lainnya.
  9. Soft drinks bersifat sangat asam : Tubuh manusia secara alamiah memliki pH 7,0. Soft drinks memiliki pH 2,5 artinya anda memasukkan sesuatu yang ratusan ribu kali lebih asam ke dalam tubuh anda ! Penyakit berkembang dalam lingkungan asam. Soft drinks dan makanan asam lainnya mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan disekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau radang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang semakin rendah pH tubuhnya.
  10. Jangan pernah berfikir untuk meneguk soft drinks ketika anda demam, flu atau lainnya. Soft drinks akan mempersulit tubuh melawan penyakit tersebut.

 Sumber : Kiriman Seorang Teman

Iklan

75 pemikiran pada “10 alasan untuk tak minum soft drink

  1. Wah artikel kesehatan seperti ini lebih asik lagi klo ada referensi resminya dari mana, hehe. Tapi yang tentang softdrink (soda-nya) dapat mengurangi penyerapan kalsium, saya pernah baca sih.. Sejauh ini memang sebisa mungkin mengurangi soda. Tapi sejujurnya rasanya emang enak kan? :p jadi saya suka bandel2 juga tuh, hehehe..

  2. memang lebih baik minum air putih atau jus buah segar tanpa gula, lebih sehat..
    tapi terkadang kita juga membutuhkan soda sebagai detox, gunakan air soda dan sedikit sirup

  3. waaa…hhh info yg bagus mas agoes.
    untungnya kami sekeluarga memang kurang suka dgn soft drink, kecuali terpaksa, nggak ada yg lain.
    info kesehatan seperti ini sangat berguna utk meminimalisir dampaknya, setelah kita mengetahui.
    salam.

  4. Selamat malam Agoesman, kita memang perlu diingatkan akan bahayanya soft drink seperti yang di utarakan diatas karena tanpa disadari setiap hari kita menemukan soff drink tsb, minimal kita dapat mengantisipasinya sebelum terlanjur, Dan sayapun ikut terbantu dan baru sadar akan bahayanya. Postingan yang bagus yang meberikan input untuk kita semua. Terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  5. saya tambahain ya mas… pepsi atau sosa sola bisa juga untuk bersihakan TOILET>>> coba aja siramkan ke bowl toilet tunggu 5-10 menit kemudian bersihan bowlnya pasti bersih…
    atau kalau mau dasyat lagi buka satu botol cocacola atau pepsi kemuadian masukan permen menthos maka akan terjadi keajaiban… mau coba silahkan>>>
    salam kenal ya mas dan bagus artikelnya

    • Salam Kenal Juga.. thanks..
      Betul mas… Saya punya gambar demo cocacola/pepsi dimasukin permen menthos akan menimbulkan letupan (muncrat)… tapi klu ditampilin diblog ini …. ntar tak kena UU ITE..

  6. Memang sebaiknya ada referensinya
    Walau saya tahu softdrink mengurangi penyerapan kalsium, tapi sesekali saya suka softdrink.

    Dan sprite diberi garam sedikit bisa mengurangi masuk angin…katanya lho.

    • Yach…mbak ratna… lagi-lagi ini hanya warning aja… jangan sampe menjadi softdrinkholic (kencanduan softdrink)… nggak baek buat kesehatan… sudah banyak contoh kasus dampak buruknya..

  7. Dulu,Saya dan anak-isteri termasuk penggemar soft drink,kini dah jarang.Itupu saya memilih yang ada tulisannya ZERO sehingga tidak terlalu manis.
    Yang terbaik memang tetap air putih ya mas.
    Artikel yang sangat bermanfaat untuk tetap menjaga dan memelihara kesehatan kita.
    Terima kasih,maju terus dengan artikel yang bernanfaat lainnya.

    Salam hangat dari Surabaya.

  8. Nasehat yang pas. Yang kecanduan soft drink biar bisa mengurangi, apalagi yang sudah kena asam aurat (urat maksud saya)

  9. thanks buat infonya pak..pantesan, padahal saya udah punya firasat dari dulu. dulu kita biasa minum soft drink waktu travel aja(biasa, waktu travel pola konsumsi berubah) tpi kalo sekarang udah gak mium lagi

    cheers..

  10. Article-nya bagus.
    Sy ga’ begitu paham banget tentang ilmu ph
    atau apalah, pokoknya gitu deh.
    tapi ada ‘warning’ dari dalam tubuh
    atas makanan atau minuman yg tak baik tuk kesehatan.
    Meski ‘porsi’ yg masuk sedikit,
    bila ada zat pengawet atau zat kimia lainnya
    maka tak berapa lama, kepala akan sakit sekali
    atau tumpah2 (muntah).
    alarm ini yg jadikan sy sok keminter
    tuk diri sendiri dan keluarga.
    Sy izin link, boleh ga’ ya?
    Salam.

    • Klu minuman yg mengandung alkohol (diminum belebihan dan terus-terusan) jalas nggak baik buat tubuh kita..
      Bisa minta bantuan PWI NTT, Intermedia Bandung… or dll… Diskusiin aja pas lagi di Kpg.

  11. Alhamdulillah…..saya sudah lama tidak minum minuman ringan ini setelah mengetahui kesannya. Minumlah air susu untuk meningkatkan kadar kalsium pada tulang dan air putih sebanyak-banyaknya untuk membantu meningkatkan kesihatan badan kita. Info yang mencerahkan. Salam hangat selalu.

  12. SEPAKAAAAAAAAAAAAAT !!! aku la lamo nian menarik diri u/ idak minum sopdring (sop raso dring 😆 ) selaen bikin ngegas di idung 😀 mahal pulo 👿 , trus bikin yg punyo sakit maag gampang nian kumatnyo. jadi dak katek baek nyo minum sopdring yoh mang. lemaklah minum es teh dak tuh susu panas. ssllrrrppp…

    Say No to SopDring :mrgreen:

    thx infonyo mang!

    • Wah bagus.. tak acungi jempol buat Bikpici sudah ngelakuinnyo duluan…!!
      Bener dak katek baeknyo..
      yg jelas duit tekuras. dll.
      Mangcek support “Say No to Soft Drink”
      C.U

  13. Aku juga pernah baca tentang artikel soft drink di sebuah forum, dampaknya emang begete buat tubuh, yang lebih baik emang air putih, apalagi waktu bangun tidur kayak gitu baik begete untuk minum air putih..

    Salam kenal kang, aku add yah linkna ^_^

    Salam sayank

  14. assalamu’alaikum…
    pertama, syukron silaturahminya…
    alhamdulillah selama idup virdaus hanya minum sejenis soft drink dua kali jha, itu yang pertama dan yang terakhir…
    do’akan dapat Istiqomah…
    tapi, mase banyak dari kalangan kita yang tau mudhgaratnya malah sengaja ngejalanin….na’uudzubillah…
    moga Allah jaga diri kita semuwa dari hal yang memudharati….
    amien

  15. Alhamdulillah sekarang saya sudah beberapa bulan ini ‘insyaf’ minuman bersoda.. 🙂
    Dulu pernah, satu botol 1,5 ltr akan saya habiskan dalam 1x kesempatan, misalnya pas ntn tv atau waktu nge-net… 😦
    Mdh2an ga akan tergoda lagi… 😆

  16. thanks , sangat informatif, bermanfaat, apalagi saya baru saja menjalani operasi perut untuk mengeluarkan blimbing yang kurang dikunya dengan sempurna, mengakibatkan tersumbatnya usus saya.
    sekarang sudah hampir dua bulan tidak minum soft drink, selamat terus menulis sampai baka.

  17. Ping balik: Say Good Bye to Soft Drink « Puskesmas Sei Siring Samarinda

  18. sepakat sebaiknya memang minum air putih aja karna tidak amat beresiko…tapi pada sisi lain kita seperti sedang bertarung dengan situasi gaya hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s