Doclang, Ngerodoc sambil makan Kacang

Doclang Bogor

Gerobak Doclang Jembatan Merah

Sudah jadi tugas tambahan kalau lagi off tugas lapangan, dan istirahat di rumah. Alih profesi jadi tukang ojek khusus buat antar anak ke sekolah. Alasannya kalau naik angkot, bisa-bisa telat ke sekolah, maklum jalanan macet diruas-ruas jalan Kota Bogor. Jadi kalau pake motor bisa nyelip-nyelip untuk menghindari macet.

Kalau pakai Motor dari rumah Gsbr ke sekolah anak di Jl.Pajajaran, yach memakan waktu  sekitar 20 menit la, coba kalau naik mobil atau angkot  lama  di jalannya.

Biasanya sekitar jam 6.30 wib sudah meluncur dari rumah dan sebelum jam 7.00 sudah sampai jl.pajajaran.

Biasanya karena buru-buru gak sempat sarapan dulu, kadang-kadang memang sengaja gak sarapan dulu..biar gak terlalu berat nangkring di motor..heeee.

Kayak hari ini sengaja gak sarapan lagi..heee,

Dalam perjalanan ke arah pulang,  jadi pengen sarapan Doclang dulu dech.. pengen tau gimana bentuk, rupa dan rasa Doclang Jembatan merah…karena Jembatan Merah gak searah jalan pulang, terpaksa puter haluan …balik kanan..

Lapak Doclang

Tenda Doclang

Ternyata Doclang terbuat dari lontong dan dibumbuhi dengan ulekan kacang tanah. Yang menjadi ciri khas lontong doclang dibungkus dengan daun patat, jangan salah ya gak pake N, namun ada juga yang pakai ketupat daun kelapa.

Tekstur Longtong dibungkus daun patat lebih renyah dan empuk, lebih eunak dibanding pake ketupat daun kelapa.

Sewaktu ditanya apa kepanjangan Doclang,,,heee si Akang penjual Doclang, cuman bilang “Ngerodoc sambil makan kacang”..aya’ aya wae” ni si Akang…kok Ngerodoc bisa sambil makan kacang.. ada teman-teman yang tau arti ngerodoc,,,heee… Ngerodoc itu kira-kira sama dengan Mendahului…atau Nyalip kalau di jalan.

Lontong Daun Patat

Lontong Daun Patat

Sarapan Doclang

Sarapan Doclang

Maklum ditanya apa kepanjangan Doclang, biasanya nama-nama makanan sunda khususnya dikalangan rakyat merupakan akronim,  ada kepanjangannya,, kayak ini ni..

Batagor “Bakso Tahu Goreng”, 

Cilok “Aci Dicolok”

Misro “Amis di Jero”

Comro “Oncom di Jero”

Pismol (pisang molen), 

Cireng (aci digoreng), 

Cimol (Aci digemol)

Ada lagi   Internet “ Indomie telur kornet”

Jadi ngelantur ngomongin makanan lain….heeee.

Kembali ke ….Doclang.. ..Doclang umumnya disantap waktu Sarapan pagi dan jadi salah satu Kuliner Khas Bogor.

Bahan utama Doclang selain Lontong daun Patat…ada tahu goreng, kentang rebus, telur rebus, dan diguyur bumbu kacang dan bawang goreng. Biar lebih rame di tambahi Kerupuk Goreng.

Satu porsi Doclang dihargai Rp 10.000, kalau gak pake telur rebus hanya Rp 8.000,- sudah bisa mengenyangkan, sarapan doclang memberikan sensasi berbeda….maknyuuus.

Ada beberapa lokasi penjual,  Doclang bisa di temui di Jalan Mantarena, Pasir Kuda, Jasmin, biasanya dijual di   Kedai sederhana, Tenda-Tenda dan Gerobak dorong. Bisa disantap di tempat atau dibungkus kertas nasi atau strerofoam.

Memang Doclang kalah sohor dengan 5 makanan khas Bogor lainnya, namun tetap direkomendasikan untuk variasi menu Sarapan bila ke Bogor.

Hidup “Doclang” Ngerodoc sambil makan kacang.

 

Iklan

22 pemikiran pada “Doclang, Ngerodoc sambil makan Kacang

  1. Hehehe jajanan seperti batagor, cireng, cilok, dll yang disebutkan saya suka bingit kang, jajanan dari kecil, hehehe, nah kalo doclang, saya kurang suka sama lontong yang ada kacangnya tapi kalo kupat tahu saya suka, hehehehehehehe 🙂

  2. Makan di pinggir jalan tidak kalah enaknya dengan makan di restoran ya pak… Saya sangat suka makanan lontong pakai sambal kacang… pokoknya yang ada sambal kacang harus di coba. hehe asal usul nama doclang nya membingungkan, maksudnya mendahului sambil makan kacang berarti saling kebut kebutan ya

  3. sukro (suuk dijero)
    comro (oncom dijero)
    kalo cewe apa mas?
    mantap nih duclangnya kayanya buat sarapan pas banget deh mas, kalo saya biasanya beli roti tawar dialfamart biar murah sekalian sama selai bikin sendiri lebih hem,at juga soalnya.hihi

  4. DOCLANG …! langsung inget pas di Cirebon, hampir tiap pagi makan doclang. Suka banget, enak. Dibalik namanya hahaha baru tahu dakuh.

    Terimakasih sdh bikinku kemlecerr ngiler …
    Nambihan doclangnya ngeunah euy 🙂

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Agoesman…

    Hehehe… lucu ya akronim doclang… sungguh jauh dan langung tersasar maknanya dari kependekan. Saya suka sekali kalau makanannya dibunbui dengan kuah kacang. Enak. memang mengenyangkan ya makan dengan lontongnya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s