Ini Menu Ku ! Mana Menumu ? Masih pake Mie gak ?

Basecamp Kailupa

Basecamp Kailupa – Halmahera Utara


Sudah jadi kebiasaan dua bulan ini Menu Makan ku, tidak sarapan, tidak ngopi, tidak minum teh. Walaupun kadang-kadang sarapan hanya minum air putih aja. Awalnya terasa ada yang tidak lengkap apa lagi pas di rumah, pasti sudah jadi kebiasan dibikinin sarapan plus kopi hitam atau kopi instan sesuai selera pagi hari. Ada rasa yang bedah dengan maka pola makan seperti itu, badan lebih eunak lebih, lebih ringan, ditambah lagi dengan bersepeda ringan, make sepeda statis, mulanya hanya 30 menit, kalo sekarang sudah bisa 1 jam. Keringet banyak keluar, mungkin ratusan kalori juga terbakar. Tapi yang penting seger dan sehat. Hehehehe…mudah-mudahan pola healthy life ini bisa berlanjut terus, walau sudah ke lapangan lagi nanti.

The las moment at Mess Belani

Camp Permanent (Mess) Belani Site

Memang agak susah kalu sudah di lapangan, lebih-lebih lagi di Mess, di Mess makan tinggl makan, sudah disiapin semua. Tapi jeleknya tidak bisa ngatur sendiri menu sehat. Di Mess kebanyakan Menu berlemak, walau eunak dilihat dan santaps. Tapi kurang sehat ditinjau dari sisi gizi…bukan kurang malah berlebihan gizi khusus nya lemak. Info kawan-kawan, dari hasil check up, hampir semua sudah kelebihan kolesterol dan asam urat.

Kalau inget semasa tinggal di Kupang & Banda Aceh, kos kamar sendirian, bikin kopi, bikin indo mie rebus atau goreng paling kalau lagi males makan di Warteg atau di Rumah Makan Padang.

Kebiasaan makan mie rebus ini memang susah dipisahkan dengan anak kos, selain murah juga mudah untuk dimasak. Tinggal ambil panci, masukin air secukupnya, kalo mau tambah nikmat masukin juga telur ayam, masak di kompor gas, kalo panci listrik tinggal dicolokin aja ke stop kontak, tunggu beberapa menit, mateng sudah indo mie rebus. Jadi dech, tinggal di santap. Hehehe Alhamdulllah kebiasan ini gak berlangsung lama, hanya 4 tahun aja…kok gak lama ya haaaaaa.

Namun belakangan ini beberapa bulan lalu, sewaktu besuk teman yang di rawat di RS. AR.Bunda Lubuk Linggau, menurut teman ini sebelum ke lapangan, paginya sarapan mie instan dulu, lau siangnya terasa perut kembung dan perih, sampai sampai enggak bisa menahannya lagi, terus minta di bawak ke rumah sakit. Dari pengalamannya ini, dia sarankan jangan makan mie instan lagi, atau kalo sudah terlanjur di kurangi aja, jangan sering-sering.

Memang ada apa sih di Balik sebungkus Mie Instan, jadi pengin tau lebih dalam ni.. Browsing di Mbah Google ach siapa tau dapat masukan tentang dampak–dampak terlalu sering makan mie instan. Nie dapat tulisan artikel yang nyebutin ada 20 dampak buruk dari konsumsi Mie Instan yang terus menerus

  1. Kerusakan hati. Mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering atau rutin dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati.
  2. Gagal Ginjal. Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.
  3. Diabetes. Mie Instan meski memiliki rasa cenderung gurih juga mengandung banyak kandungan gula di mana dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita.
  4. Kencing manis. Kandungan gula yang melimpah dalam Mie Instan juga memicu kita terjangkit kencing manis. Bisa saja mencapai Diabetes, bisa juga memang karena kandungan gula keluar dalam air seni.
  5. Meningkatkan kadar kolesterol. Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol bukan hanya makanan bersantan atau aneka makanan laut tetapi ternyata Mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.
  6. Mengganggu hormon bagi wanita. Mie Instan yang dikonsumsi rutin atau berlebihan bagi wanita memberi bahaya tersendiri salah satunya mengangganggu hormon karena Sodium yang terkandung dalam Mie Instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu hingga menimbulkan jerawat.
  7. Menggangu hormon seks bagi pria. Jika bagi wanita menganggu hormon bulanan, bagi pria efek negatif Mie Instan juga berlaku. Mie Instan yang kaya kan zat kimia akan mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.
  8. Memicu tekanan darah tinggi. Pada umumnya tekanan darah seseorang normalnya adalah 130/80. Tetapi Mie Instan akan menaikannya alias memicu tekanan darah tinggi terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.
  9. Menurunkan metabolisme. Zat kimia di dalam Mie Instan juga dapat menurunkan metabolisme kita. Jangan berpikir Mie Instan dapat memberi energi bagi kita karena sebenarnya Mie Instan hanya akan memberi sedikit energi dan menurunkan kembali metabolisme kita karena zat kimia tersebut.
  10. Menghambat penyerapan nutrisi. Tidak sedikit orangtua yang memberi anaknya makanan instan berupa Mie. Karena alasan – alasan khusus seperti masalah waktu ataupun memang sang anak doyan dengan rasa Mie Instan. Padahal Mie Instan sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak – anak. Hal ini dikarenakan Mie Instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak – anak. Apa lagi bagi anak – anak yang masih berusia di bawah 6 tahun.
  11. Menyebabkan kanker. Siapa yang tidak merasa ngeri mendengar penyakit ini. Penyakit kanker memang mudah menghampiri banyak orang dengan tidak memandang usia. Dan Mie Instan menjadi salah satu jalan penyakit ini dapat menghampiri kita. Dengan segumpal aneka ragam zat kimia yang ditambahkan dengan bahan berbahaya lain salah satunya Mie Instan yang di dalam Styrofoam, kanker dapat saja dengan senang hati menghampiri. Stryfoam yang diberi air panas sangat tidak baik karena menambah zat kimia berbahaya di dalam Mie Instan.
  12. Keguguran bagi wanita hamil. Bagi para wanita yang sedang hamil, hindarilah makan Mie Instan. Zat kimia dalam Mie Instan juga pengawet yang kuat dapat menyebabkan keguguran. Jangan sampai sesuatu yang sudah dinantikan anda sejak lama harus hilang karena Mie Instan.
  13. Memicu penyakit Stroke. Penyakit stroke yang sering menyerang sebagian orang di dunia termasuk Indonesia juga dapat datang karena mengkonsumsi rutin mengkonsumsi Mie Instan. Mie Instan dapat menganggu kelancaran aliran darah.
  14. Mengganggu pencernaan. Karena Mie Instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh, ini juga menjadikan pencernaan dalam tubuh terganggu. Pencernaan yang baik memerlukan bantuan nutrisi dan mineral yang banyak. Maka dari itu tidak sedikit yang gemar mengkonsumsi Mie Instan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Bahkan dapat menyebabkan lambung dan usus bocor.
  15. Memicu sakit kepala. Mie Instan mengandung kadar MSG yang sangat banyak. MSG sangat tidak baik untuk tubuh maupun otak kita. Mengkonsumsi MSG dapat memberi efek ringan hingga serius. Sederhananya adalah sakit kepala. MSG dapat memicu timbulnya sakit kepala karena tubuh yang tidak menerima zat berbahaya ini.
  16. Menganggu sistem pernafasan. Kandungan MSG dalam Mie Instan juga dapat menganggu pernafasan kita. Gejalanya yang paling utama adalah membuat kita sulit bernafas dan merasa sesak di dada. Bila memang sudah merasakan ini segera jauhi Mie Instan. Tidak maukan sampai kehilangan nyawa karena Mie Instan?
  17. Membuat wajah bengkak. Selain memicu sakit kepala dan mengganggu sistem pernafasan, kandungan MSG dalam Mie Instan juga dapat membuat wajah merah – merah hingga bengkak. Tidak banyak yang menyadari hal ini karena biasanya tidak berlangsung lama hanya saat ketika MSG tersebut terserap dalam tubuh.
  18. Penyakit jantung. Mie Instan juga termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi Mie Instan terlalu sering dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Cardionmetabolic Syndrome.
  19. Membuat perut buncit dan kantung mata. Kandungan garam yang sangat melimpah dalam Mie Instan secara tidak langsung membuat perut menjadi buncit dan menambah kantung mata. Mengkonsumsi garam yang banyak memang dapat membuat kedua hal tersebut tidak hanya dalam Mie Instan saja.
  20. Obesitas. Terakhir, bahaya dari mengkonsumsi Mie Instan adalah obesitas. Mie Instan jika dikonsumsi memberi efek mengenyangkan. Namun setelah itu dalam beberapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam Mie Instan sudah banyak. Hal ini cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. Apa lagi tidak sedikit yang menyandingkan Mie Instan dengan nasi.

Klik Vidio ini untuk melihat Bahaya Mie Instan

Jadi masihkah Menu Mu dijejali dengan Mie Instan terus ?

Iklan

13 pemikiran pada “Ini Menu Ku ! Mana Menumu ? Masih pake Mie gak ?

  1. Pagitadi aku pit pitan 11 km an mas, keliling desa, menurutku speda di luar hirup udara segar lebih terasa cepatnya, kalau pakai sepeda statis suka nggak sabaran aku mas, kayaknya lamaaaaa banget jadi nganggur terus tuh sepedanya.

    Btw, Salut sudah mulai menikmati menu sehat mas, aku juga lagi belajar nih, sedikit demi sedikit.

    Soal mie instan itu, sayangnya sudah seperti menu wajib ya mas, alasannya praktis mungkin, padahal bikin mie sendiri itu lebih enak lho mnrtku

    • heheheh…kalo mau gak jenuh pake sepeda statis…pasang headset ditelingan dengerin vidio youtube atau lagu di radio…
      iya niech sdh mulai menu sehat….eunak tu mbak.
      bisa dech kurangin konsumsi mie instan ny, sedikit demi sedikit

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb…

    memang lebih baik tidak terlalu kerap makan mee segera. kalau saya suka sekali makan indomie goreng. Membaca keburukannya di atas membuat hati jadi runsing juga ya. Harus mengawali pemakanan agat memiliki diet sihat.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

  3. Aduh mas. padahal itu kesukaan saya. Mie. Apalagi jadi anak kos. paling gampang dan murah kan ya mie instan. Tapi serem juga yak itu daftar penyakitnya. 😦

    Btw mas, link Menuku itu salah ya mas kayaknya.

  4. Saya sudah jarang makan mie instant. Kalau makan mie isntant air rebusan yang pertama dibuang, lalu bilas lagi pakai air bersih.
    Mie instant banyak mudharat daripada manfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s